30972

HARI INI 109
BULAN INI 30972
TAHUN INI 3129

PENGESAHAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (SKTM)

Publish Senin, 01 April 2024

Dibaca 66 kali

DASAR HUKUM :

1.     Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional;

2.     Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial;

3.     Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin;

4.     Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial;

5.     Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2012 tentang Penerima Bantuan Jaminan Kesehatan;

6.     Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2013 tentang Penetapan Kriteria dan Pendataan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu.

 

PERSYARATAN PELAYANAN :

Pelayanan Tatap Muka

1.  Surat Pernyataan Tidak Mampu bertanda tangan RT, RW, dan Pemohon bermaterai 10.000

2.  Surat keterangan atau pengantar dari Kepala Desa

3.  Foto copy KTP-EL

4.  Foto copy KK

5.  Surat keterangan rawat inap/ rujukan dari RS/ Puskesmas (untuk keperluan kesehatan)

6.  Surat pernyataan dari Pemohon bermaterai Rp. 10.000,- (untuk keperluan pendidikan/ Sekolah)

 

Pelayanan Daring

1.  Hasil scan Surat Pernyataan Tidak Mampu bertanda tangan RT, RW, dan Pemohon bermaterai

2.  Hasil scan surat keterangan atau pengantar dari Kepala Desa

3.  Foto copy KTP-EL

4.  Foto copy KK

5.  Hasil scan surat keterangan rawat inap/ rujukan dari RS/ Puskesmas (untuk keperluan kesehatan)

6.  Surat pernyataan dari Pemohon bermaterai Rp. 10.000,- (untuk keperluan pendidikan/ Sekolah)

 

PROSEDUR/ MEKANISME PELAYANAN : 

Pelayanan Tatap Muka

1.  Pemohon mengajukan berkas permohonan pengesahan Surat Keterangan Tidak Mampu ke Kantor Kecamatan;

2.  Petugas pelayanan melakukan validasi data Pemohon, jika berkas lengkap dan valid, berkas akan segera diproses, apabila tidak lengkap atau tidak valid, berkas dikembalikan kepada Pemohon;

3.  Pengesahan Surat Keterangan Tidak Mampu oleh Camat;

4.  Petugas menyerahkan pengesahan Surat Keterangan Tidak Mampu kepada Pemohon;

 

Pelayanan Daring

1.    Pemohon mengakses alamat sipraja.sidoarjokab.go.id;

2.    Pemohon memilih menu layanan tipe B;

3.    Pemohon memilih menu Surat Keterangan Tidak Mampu;

4.    Pemohon melakukan upload persyaratan;

5.    Petugas melakukan verifikasi data permohonan;

6.    Surat Keterangan Tidak Mampu selesai, dapat dicetak mandiri.

 

JANGKA WAKTU PELAYANAN :  

1 (satu) hari kerja  Jika tidak terkendala teknis

BIAYA PELAYANAN    :  

Rp. 0,- (gratis)

PRODUK PELAYANAN :  

Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang telah disahkan oleh Camat

PELAYANAN ONLINE : 

https://sipraja.sidoarjokab.go.id/

PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN/APRESIASI :  

1.     Pengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan secara tertulis melalui surat yang ditujukan kepada:

Camat Gedangan

Jl. Sukodono No. 1 Keboansikep-Gedangan-Sidoarjo

2.     Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung melalui :

a.  telepon           : 031-8914060

b.   faksimile        : 031-8010460

c.   email : gedangan@sidoarjokab.go.id

d.   hotline WA : 082131031144

e.   Media Sosial  :

-               Instagram : kecamatan_gedangan_sidoarjo

-               Facebook  : Kecamatan Gedangan

-               Twitter      : Gedangan_Kec

f.    kanal pengaduan SP4N-LAPOR

1)    website www.lapor.go.id

2)    SMS melalui nomor 1708

3)    twitter @lapor1708

          4)  aplikasi android/iOS : SP4N-LAPOR!

Bagikan :

Loading...