Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum

Guna untuk menciptakan wilayah yang tertib dan bersih, baik tertib dari Pedagang Kaki Lima (PKL), pengemudi becak / bangunan liar maupun tertib perijinan meliputi (Ijin lokasi, IMB, HO dan sebagainya). Untuk bangunan perusahaan / pabrik, pertokoan serta perumahan sesuai dengan tatanan serta Peraturan Daerah. Disamping penertiban, Kasi Trantib mempunyai tugas membina, Hansip / Linmas dalam rangka untuk mendukung tugas-tugas pokok Linmas yaitu menanggulangi bencana alam maupun ketertiban lingkungan serta menyiapkan personil untuk mengikuti latihan Suskalak Linmas di Kabupaten Sidoarjo.
Dalam penyelesaian tugas tersebut diatas dilaksanakan dengan cara koordinasi dengan Muspika serta Instansi terkait. Adapun program yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :

  • Pelatihan Pengedalian keamanan dan Kenyamanan Lingkungan
    Dalam rangka untuk melaksanakan Penertiban perlu diadakan pembinaan dan pendataan terhadap obyek / sasaran yang dituju dengan melibatkan Muspika, maupun instansi terkait untuk menangani permasalahan-permasalahan yang ada dalam masyarakat akan keamanan dan kenyamanan Lingkungan maupun penertiban perijinan yang dimiliki oleh perusahaan. Sedangkan untuk menjaga ketertiban lingkungan perlu diadakan pembinaan Linmas Desa dalam rangka siskam swakarsa.
  • Peringatan Hari Besar Nasional.
    Peringatan hari besar Nasional merupakan kegiatan tahunan baik dilakukan dari tingkat pusat sampai tingkat desa. yang tujuannya untuk meningkatkan rasa Nasionalisme khususnya pada Peringatan Hari Besar Nasional berskala besar yang melibatkan masyarat banyak.