28172

HARI INI 55
BULAN INI 28172
TAHUN INI 329

PENERBITAN KARTU KETENAGAKERJAAN (AK I DAN AK II)

Publish Senin, 01 April 2024

Dibaca 111 kali

DASAR HUKUM :

1.    Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (Lembaran Negara RI Tahun 2003 Nomor 39, Tambahan Lembaran Negara RI No. 4279).

2.    Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 2002 tentang pengesahan Konvensi ILO Nomor 88 mengenai Lembaga Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja.

3.    Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor PER.07/MEN/IV/2008 tentang Penempatan Tenaga Kerja.

4.    Permenaker RI Nomor 39 Tahun 2016 tentang Penempatan Tenaga Kerja.

 

PERSYARATAN PELAYANAN :

1.    Hasil scan Kartu Keluarga

2.    Hasil scan KTP-el

3.    Hasil scan pas foto berwarna 3x4

4.    Hasil scan Kartu Ketenagakerjaan lama, apabila melakukan perpanjangan

5.    Hasil scan dokumen pendukung lainnya, meliputi :

       Ijazah dan SKHUN SD

       Ijazah dan SKHUN SMP

       Ijazah dan SKHUN SMA

       Ijazah dan trasnkrip nilai pendidikan Diploma/ Strata 1/ Magister

       Sertifikat keahlian (bagi yang memiliki)

       Surat keterangan pengalaman kerja (bagi yang memiliki)

6. Nomor telepon dan email pribadi

 

PROSEDUR/ MEKANISME PELAYANAN : 

1.    Pemohon mengajukan permohonan Kartu Ketenagakerjaan melalui aplikasi SIPRAJA yang bisa didownload melalui Playstore atau langsung melalui website dengan alamat sipraja.sidoarjokab.go.id;

2.    Pemohon memilih menu layanan tipe C;

3.    Pemohon memilih sub menu permohonan AK I;

4.    Pemohon mengisi data;

5.    Pemohon melakukan upload persyaratan;

6.    Proses verifikasi data oleh Operator Kecamatan;

7.    Data persyaratan yang tidak sesuai akan diinformasikan melalui aplikasi;

8.    Proses Cetak AK I;

9.    Pemohon dapat mengambil Kartu Ketenagakerjaan di Kecamatan atau cetak mandiri melalui aplikasi SIPRAJA.

JANGKA WAKTU PELAYANAN :  

1 (satu) hari kerja  Jika tidak terkendala teknis

BIAYA PELAYANAN    :  

Tidak dipungut biaya (gratis)

PRODUK PELAYANAN :  

Kartu Ketenagakerjaan

PELAYANAN ONLINE : 

https://sipraja.sidoarjokab.go.id/

PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN/APRESIASI :  

1.     Pengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan secara tertulis melalui surat yang ditujukan kepada:

Camat Gedangan

Jl. Sukodono No. 1 Keboansikep-Gedangan-Sidoarjo

2.     Menyampaikan pengaduan, saran dan masukan langsung melalui :

a.  telepon           : 031-8914060

b.   faksimile        : 031-8010460

c.   email : gedangan@sidoarjokab.go.id

d.   hotline WA : 082131031144

e.   Media Sosial  :

-               Instagram : kecamatan_gedangan_sidoarjo

-               Facebook  : Kecamatan Gedangan

-               Twitter      : Gedangan_Kec

f.    kanal pengaduan SP4N-LAPOR

1)    website www.lapor.go.id

2)    SMS melalui nomor 1708

3)    twitter @lapor1708

          4)  aplikasi android/iOS : SP4N-LAPOR!

Bagikan :

Loading...