Kesekretariatan

Peningkatan Kedisiplinan Pegawai
  • Dalam rangka menangani tugas-tugas yang makin kompleks dibutuhkan peningkatan kinerja dan peningkatan disiplin semua staf.
  • Dalam Peningkatan Kinerja PNS dengan Pengiriman Pelatihan / Bimbingan Teknis pada PNS.
  • Selanjutnya untuk penerapan disiplin dalam lingkup Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
  • Sedangkan untuk memelihara disiplin tersebut dilakukan dengan kegiatan - kegiatan antara lain, pembinaan staf yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan, apel pagi dan sore setiap hari kerja, pengisian presensi pada saat menjelang dan setelah apel serta penilaian staf yang dituangkan dalam Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai (DP3) yang dilakukan setiap akhir tahun.

Pengelolaan Pegawai Administrasi

  • Pengelolaan adminitrasi kepegawaian merupakan program rutin yang dilaksanakan selain bertujuan untuk tertib administrasi kepegawaian juga untuk memberikan pelayanan pada staf menyangkut administrasi kepegawaian yang bersangkutan.

Pengelolaan Barang

  • Dalam rangka tertib administrasi barang di kantor Kecamatan Gedangan perlu dikelola dengan baik, untuk itu dibutuhkan data yang valid mengenai jumlah dan kwalitas barang yang ada.

Pengadaan dan Pemeliharaan

  • Pengadaan barang-barang inventaris akan dilakukan pada tahun 2008, pengadaan tersebut menyangkut barang yang selama ini dirasakan masih kurang sehingga perlu penambahan, sedangkan pemeliharaan adalah kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun, baik pemeliharaan gedung maupun barang inventaris untuk mencegah cepatnya terjadi kerusakan maupun untuk menciptakan keindahan lingkungan kantor.

Pengelolaan Anggaran

  • Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas - tugas Kecamatan, dibutuhkan anggaran. Dan untuk itu dalam rangka tertib administrasi keuangan perlu perencanaan, penggunaan dan pertanggungjawaban keuangan yang sesuai dengan peraturan yang ada.

Pelayanan Masyarakat Kependudukan dan Catatan Sipil

  • Dengan banyaknya perubahan penggunaan lahan dari pertanian menjadi industri, jasa dan permukiman, mengakibatkan pertambahan penduduk yang cukup signifikan, karena tingginya mobilitas penduduk. Dengan pertambahan dan mobilltas penduduk yang cukup tinggi fungsi-fungsi pelayanan masyarakat dibidang Kependudukan dan Catatan Sipil seperti pembuatan KTP dan KSK amatlah penting, dalam hal ini Kecamatan Gedangan berupaya memberikan Pelayanan terbaik kepada Masyarakat.

Perencanaan dan Pelaporan Program

  • Dalam rangka pelaksanaan program yang terarah perlu disusun Program Kerja selama 1 tahun dan untuk mengetahui kinerja yang diperoleh juga perlu disusun LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah).

Administrasi bidang Kependudukan

  • Tertib Adminitrasi merupakan salah satu ciri dalam manajemen modern sehingga hal tersebut mutlak harus dilakukan pada setiap Instansi maupun kegiatan begitu pula dalam kegiatan dibidang Kependudukan.

Pelaporan

  • Data Kependudukan adalah data yang sangat dinamis, karena data tersebut setiap hari dapat berubah, untuk itu diperlukan Up Date data yang harus dilakukan setiap hari pada tingkat Desa dan Kecamatan dan dilaporkan secara periodik.