Pemerintahan

Pembinaan Pemerintahan Desa

  • Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM khususnya wawasan tentang pemerintahan desa dilaksanakan melalui pelatihan dan pembinaan baik kepada Kepala Desa, Perangkat Desa maupun Badan Permusyawaratan Desa secara terjadual maupun insidentil.

Pembinaan Administrasi Umum dan Keuangan

  • Tertib adminitrasi merupakan hal yang mutlak dilakukan untuk menciptakan Pemerintah yang akuntabel untuk itu perlu dilakukan pembinaan adminitrasi desa dengan mengacu pada ketentuan yang ada.

Pendidikan Kesadaran Politik Masyarakat

  • Dalam rangka mensukseskan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil kepala Daerah adalah kesiapan masyarakat untuk dapat berperan aktif pada kegiatan tersebut. Sehubungan hal tersebut perlu kiranya diadakan kegiatan Penyuluhan Kepada Masyarakat dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati Kepala dan Wakil Bupati.

Fasilitasi Penyusunan dan Penetapan Produk Hukum

  • Kegiatan penyusunan APBDes maupun LPJ Kades merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Pemerintah Desa tiap tahun, namun demikian dengan adanya dinamisasi pada masyarakat serta adanya penyempurnaan kebijakan - kebijakan, maka proses penyusunan ke dua produk hukum tersebut, maupun produk hukum yang lain perlu difasilitasi.

Pajak Bumi dan Bangunan

  • Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak masih menjadi sektor yang diandalkan, termasuk dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk itu kegiatan - kegiatan yang menunjang serta mempercepat penerimaan PBB masih terus dilakukan seperti Pooling maupun Operasi Sisir, kegiatan itu dilaksanakan baik oleh staf kecamatan, juga bekerja sama dengan Pemerintah Desa serta Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset.

Fasilitasi Pengisian Perangkat Desa dan Pilkades

  • Dengan berlakunya Undang - Undang No. 32 Tahun 2004 maupun Perda tentang Desa terjadi perubahan dalam Proses Pilkades dan pengisian Perangkat Desa Sehubungan dengan hal itu perlu adanya kegiatan - kegiatan yang mendukung keberhasilan proses tersebut.